Bupati Samosir Bersama Martin Manurung Salurkan Bantuan kepada Petani Korban Banjir Bandang

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama anggota DPR RI Martin Manurung serta anggota DPRD Samosir, Rabu (21/12/2022), salurkan bantuan beras kepada petani korban banjir bandang yang terjadi pada lima desa

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama anggota DPR RI Martin Manurung serta anggota DPRD Samosir, Rabu (21/12/2022), salurkan bantuan beras kepada petani korban banjir bandang yang terjadi pada lima desa di Kecamatan Sianjur Mulamula. Turut hadir Kadis Sosial, Kadis Ketapang dan Pertanian, Camat Sianjur Mulamula serta kepala desa.

Banjir bandang di Kecamatan Sianjur Mulamula melanda dan merusak lahan pertanian di Desa Sari Marrihit, Sikkam, Aek Sipitudai, Habeahan Naburahan dan Boho.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan, berkat sinergitas baik dengan pemerintah pusat melalui anggota DPR RI Martin Manurung, Kabupaten Samosir mendapatkan perhatian luar biasa. “Bantuan ini merupakan bentuk sinergitas Pemkab Samosir dengan pemerintah pusat untuk meringankan beban korban banjir bandang. Luar biasa perhatian Pak Martin Manurung kepada masyarakat Kabupaten Samosir,” ujar Vandiko.

Semantara untuk mengantisipasi banjir bandang yang sudah berulang-ulang, Vandiko mengintruksikan Dinas PUTR dan dinas terkait untuk melakukan identifikasi penyebab dan solusi ke depannya.

Sedangkan untuk bantuan bibit sesuai permintaan masyarakat, Bupati akan berusaha untuk memenuhi permintaan melalui Dinas Ketapang dan Pertanian. Agar menyalurkan bantuan bibit bawang dan padi di tahun 2023, mengingat saat ini sudah memasuki akhir tahun.

“Percayalah Amang/Inang kami akan tetap memberikan perhatian dan senantiasa hadir untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga bantuan ini sedikit meringankan. Terutama dalam menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan masyarakat terdampak banjir bandang meminta perhatian khusus kepada Martin Manurung untuk menormalisasi sungai. Sehingga bencana banjir bandang tidak terjadi berulang-ulang setiap tahunnya.

Menanggapi hal tersebut, Martin Manurung mendukung masyarakat dalam pembenahan alur sungai. Dia meminta agar Pemkab Samosir segera mungkin mengidentifikasi dan seberapa jauh yang harus dibenahi.

“Kita akan usahakan. Jika belum bisa secara keseluruhan akan kita lakukan secara bertahap melalui anggaran provinsi ataupun pusat. Selain itu, saya pastikan untuk tahun depan bantuan bibit akan kita bagikan kepada masyarakat melalui kelompok tani,” kata Martin.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment